10 Februari 2009

Departemen Sains dan Pendidikan Umum

Departemen ini berkiprah dalam upaya memenuhi tuntutan kebutuhan terhadap peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dalam berbagai bidang kemampuan, seperti:

a. Bahasa Inggris Teknik
b. Pengembangan Kurikulum dan Metodologi Pengajaran Teknik
c. Perancangan dan Pembuatan Bahan Ajar untuk kebutuhan pendidikan pelatihan kejuruan dan umum
d. Penelitian Terapan
e. Skills Audit
f. Analisis Kebutuhan Pelatihan
g. Talent Scouting bagi calon kepala sekolah

Terhadap perkembangan karir, Departemen ini juga telah berhasil mengembangkan sistem penelusuran calon pemimpin SMK melalui Talent Scouting dan pengembangan manajemen untuk level supervisor.

P4TK BMTI Bandung merupakan pengembang pendidikan kejuruan sekaligus penyelenggara pendidikan dan pelatihan guru teknologi, karena itu Departemen ini merupakan salah satu tulang punggung dari penyediaan bahan ajar dalam bentuk Hand Out, Lembar Operasi, Buku, Modul, Poster, Buku-buku Pelajaran. Selain itu berkemampuan untuk melatih bidang Penelitian Karya Ilmiah (KTI) dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hal ini sebagai bukti produktivitas Departemen ini.

Kiprah Departemen ini dapat meningkatkan mutu tenaga pengajar bidang:
- Matematika
- Fisika
- Kimia
- Biologi
- PLH
- BTE

Untuk Menyelenggarakan program-program tersebut, Departemen ini mempunyai sarana gedung berlantai dua lengkap dengan laboratorium sebagai tempat kegiatan dan ditangani oleh tenaga-tenaga terdidik dan berpengalaman luas.

Disamping program-program diatas, Departemen ini juga melaksanakan Program Basic Technology Education (BTE) kerjasama dengan negeri Belanda untuk merintis para guru SMP negeri dan Swasta seluruh Indonesia dalam bidang keterampilan teknologi dan Program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar