11 Februari 2009

Program yang Dikembangkan

P4TK BMTI Bandung merupakan pelopor pengembangan Program Studi BA di Indonesia bekerjjasama dengan Berufsakademie (BA) Lorrach / Jerman. Sedangkan industri-industri yang menjadi partner diantaranya adalah PT. Indonesia Power, PT. Indorama Sintesis, PT. RNI, PT. Trakindo Utama, PT. Aneka Tambang, PT Komala dan lain-lain.

1. Meraih ISO 9001:2000

P4TK BMTI telah menerapkan sistem manajemen mutu (quality management system) sesuai standar ISO 9001:2000.

2. Pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Logam dan Mesin (LMI)

TUK akan membuka peluang bagi tamatan SMK dan masyarakat umum untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi melalui TUK Logam dan Mesin di P4TK BMTI Bandung.

3. AIT (Advance Industrial Technology)

Merupakan pusat layanan terpadu bekerjasama dengan industri baik industri penyedia/yang memproduksi technology advance serta industri yang menggunakan technology advance serta dapat menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di bidang technology advance yang secara khusus memiliki warna dalam pengembanganpendidikan teknologi.

4. Peningkatan Kompetensi Siswa SMK dalam Pengembangan dan Pembuatan Robot

Dalam kegiatan ini akan dihasilkan Model Program dan Pembelajaran Perancangan dan Pembuatan Robot melalui PBT di SMK serta meningkatkan kompetensi yang dihasilkan pada AIT dengan kemampuan merancang dan membuat robot industri.

5. Renewable Energy Program (REP)

Program ini akan menghasilkan Model REP pada Career Centre untuk diimplemantasikan pada kurikulum SMK.

6. Pengembangan Riset dan Seminar

Mengkoordinasikan kegiatan seminar dan riset untuk pembinaan dan pengembangan sekolah kejuruan serta substansi yang berkaitan dengan bidang keahlian, manajemen dan pedagogi.

7. Pengembangan Aplikasi Teknologi Terapan

Mendorong Departemen untuk dapat menghasilkan produk teknologi terapan antara lain : berupa prototype training model, mesin produksi dan lain-lain.

8. Asia Link untuk Standar Kompetensi Guru

P4TK BMTI Bandung merupakan partner UPI dalam rangka kerjasama pengembangan kompetensi guru berstandar Internasional untuk negara Jerman, Spanyol, Indonesia, dan Malaysia dan akan disusun kompetensi general dan model kompetensi untuk program keahlian.

9. Pengembangan Desain Instruksional Multimedia (Multimedia University Malaysia).
10. Pengembangan dan Pelaksanaan Uji Kompetensi Siswa.
11. Pengembangan dan Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru.
12. Pengembangan Kerjasama Diklat RELC, UNIVOC, UNISCO, SEAMEO, CPSC.
13. Pengembangan Kerjasama dengan German Malaysia Institute.
14. Pengembangan Pendidikan Gelar dan Non Gelar Kerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bagi Staf P4TK BMTI Bandung meliputi beasiswa Program Diploma III sebanyak 229 orang, Beasiswa Widyaiswara S2 sebanyak 70 orang, Beasiswa Widyaiswara S3 sebanyak 13 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar