10 Februari 2009

Departemen Teknik Mesin

Departemen ini ditangani oleh tenaga-tenaga profesional yang telah mengembangkan pola/sistem pendidikan dan pelatihan berbasis modular. Sistem tersebut menjembatani kesenjangan antara tuntutan kemampuan tenaga kerja industri dan "output" lembaga pendidikan formal.

Sistem ini dirancang khusus bagi industri maupun bagi perorangan yang ingin berkembang sehingga dapat dipelajari secara mandiri. Pola pembelajaran dilakukan secara "learned centred" atau berfokus pada peserta belajar. Dengan demikian peserta dapat belajar menurut kemampuan masing-masing tanpa tergantung pada peserta lain.

Departemen ini dikepalai oleh seorang Kepala Departemen dibantu oleh dua orang Wakil Kepala Departemen Bidang Diklat dan Non-diklat. Departemen ini terdiri dari jurusan Rancang Bangun dan Kontrol, Las dan Fabrikasi Logam serta Mesin Produksi. Dalam operasionalnya mempunyai keahlian Pemesinan, Pengelasan, Metalurgi, Teknik Pembentukan dan Pengecoran, Pemeliharaan dan Perbaikan, Mekatronik, CAD/CAM, Pengukuran dan Pengujian.

Tenaga-tenaga ahli di Departemen ini memiliki kemampuan yang handal karena di samping mempunyai pengalaman di industri juga telah belajar di luar negeri.

Departemen ini juga telah di akreditasi oleh BNSP melalui LSP-LMI untuk menyelenggarakan uji kompetensi dan sertifikasi keahlian di bidang Las & Fabrikasi, Pengukuran, Pemesinan, serta Perawatan dan Perbaikan.

Program yang dikembangkan merupakan diklat kompetensi dirancang secara berjenjang dan merupakan program pendek dan spesifik.

1 komentar: